PENUTUPAN PESANTREN RAMADHAN 1438 H DI MASJID JAMI’ AL-AMIN Jangan Tinggalkan Generasi Lemah

Padang— Masjid Jami’ AL-Amin, Rt 01,Rw II, kelurahan Lubuak Buaya, Koto Tangah dipenuhi jemaah untuk menunaikan ibadah sholat Tarwih, termasuk sekitar 229 santriwan santriwati SMP dan tingkat SD. Sehubungan dengan itu, Allah Maha Pengasih, Penyayang, Maha Tahu, apa yang akan terjadi, Allah mengingatkan kepada kita hendaknya ada kekhawatiran, jika meninggalkan generasi yang lemah. Hal tersebut disampaikan Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah SP didampingi Camat Koto Tangah Syahrul dan Faisal.S dari Humas pada penutupan kegiatan Pesantren Ramadhan 1438 H, tahun 2017, di masjid Jami’ AL-Amin tersebut Minggu malam, (18/6).

” Memberikan ilmu kepada setiap generasi adalah wajib hukumnya, dan itu merupakan tanggungjawab kita sebagai orangtua, stakeholder, pemangku kepentingan dipendidikan baik guru, pejabat dan para pemimpin. Karena ini wajib maka sudah pasti kelak kita akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat oleh Allah SWT,” sebut Walikota H. Mahyeldi.

Pentingnya kualitas pendidikan dan Agama, pasti akan memberikan dampak nyata bagi perkembangan kehidupan bersama dan akan dirasakan bersama. Dan kepada para orang tua diharapkan perannya melanjutkan pendidikan agama terhadap anak-anaknya. “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”

Kata Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah SP, anak adalah amanah, maka para orangtua harus bertanggungjawab penuh untuk mendidiknya, membimbingnya, dan mengarahkannya agar tidak menjadi anak-anak yang lemah. Generasi yang kuat lebih senangi oleh Allah dari pada generasi yang lemah.

Untuk menjadikan anak-anak menjadi kuat caranya melalui pengajaran, pendidikan, dan pelatihan. Ajari anak-anak tentang ilmu agama, didiklah agar bermoral dan biasakanlah agar tidak canggung, ahli dan mahir. Bekali ilmu agama demi masa depan mereka kelak. Sebab pemuda hari ini pemimpin di masa mendatang.

Malam penutupan Pesantren Ramadhan tersebut juga hadir para pemuka masyakat setempat dan kegiatan keagamaan bagi siswa SMP dan murid SD pada bulan suci Ramadhan di masjid Jami’ AL-Amin, Rt 01,Rw II, keluarahan Lubuak Buayo, Koto Tangah adalah upaya membentuk generasi berakhlak mulia. # Irwandi Rais/Faisal.S

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *