BPS Selesai SBH Rumah Tangga Triwulan I Tahun 2018

  • 14 Maret 2018
  • Wan Rais
  • 188 Kali Dilihat
  • BPS Selesai SBH Rumah Tangga Triwulan  I Tahun 2018

    Suasana rapat evaluasi survei biaya hidup rumah tangga di ruang Nias Imelda hotel, Rabu (14/3).# Irwandi Rais

    Padang-BPS Kota Padang melakukan Survei Biaya Hidup (SBH) rumah tangga selama satu tahun penuh pada tahun 2018. SBH dibagi menjadi 4 triwulan,  triwulan I (Januari-Maret), triwulan II (April-Juni), Triwulan III (Juli-September) dan triwulan IV (Oktober-Desember). Pada triwulan I telah selesai mengunjungi 500 rumah tangga, alhamfdulillah berjalan dengan lancar. Namun kesulitan yang dialami selama survei ke rumah tangga, banyak ditemui di lapangan suami dan  istri bekerja, sehingga terpaksa  mendatangi rumah mereka  pada malam hari.

    Demikian diungkapkan Kepala BPS Kota Padang Rizal, SE pada rapat evaluasi survei  biaya hidup rumah tangga di ruang Nias Imelda hotel, Rabu (14/3). Rapat evaluasi survei  biaya hidup rumah tangga tersebut diikuti 75 peserta, sekaligus sebagai tenaga pengawas dan pencacah dan juga hadir Kadis Kominfo Kota Padang Suardi, SH.M.Hum.

    Kata Rizal, tahun ini, 2000 rumah tangga yang harus dikunjungi,  triwulan I telah selesai. April mulai lagi mengunjungi  rumah tangga selanjutnya. Tenaga yang dilibatkan sebanyak 75 orang, 25 pengawas 50 pencacah.

    Menurut Rizal, SBH 2018 adalah survei pengeluaran konsumsi rumah tangga untuk mendapatkan pola konsumsi masyarakat, dan  sebagai bahan penyusunan paket komoditas dan diagram timbang terbaru dalam penghitungan Indek Harga Konsumen (IHK). Khusus di  Kota Padang Survei  dilakukan pada  200 Blok sensus dengan total 2000 rumah tangga sepanjang tahun 2018, yang tersebar di 10 Kecamatan,  kecuali Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

    Tujuan Survei Biaya Hidup 2018 untuk memperoleh paket komoditas dan diagram timbang untuk memperbaharui IHK tahun sebelumnya. Mendapatkan data nilai konsumsi dasar. Mendapatkan keterangan tentang profil sosial ekonomi rumah tangga  di Kota Padang. Melengkapi data yang diperlukan untuk penghitungan pendapatan regional dan nasional.

    Sedangkan tujuan selanjutnya  untuk memperoleh selengkapnya total nilai pengeluaran konsumsi masyarakat serta jenis-jenis komoditas terkini yang banyak dikonsumsi masyarakat.  Memperoleh pemilahan komoditas secara utuh dan memperoleh informasi perubahan cara bertransaksi masyarakat. Paket komoditas sebagai cakupan Survei Harga Konsumen (SHK).  Diagram timbang perhitungan IHK tahun dasar 2018  serta rata-rata total nilai pengeluaran rumah tangga sebulan tahun 2018.#mcpadang/ Irwandi Rais

     

    Admin :
    Wan Rais