Camat Editiawarman Paparkan Inovasi di Padang Utara

  • 11 Januari 2018
  • David Septian
  • 55 Kali Dilihat
  • Camat Editiawarman Paparkan Inovasi di Padang Utara

    Camat Padang Utara Editiawarman didampingi Sekcamnya Nasdwiyelli memaparkan informasi seputar program, layanan dan inovasi yang telah dilakukan di Kecamatan Padang Utara sejauh ini. Hal ini disampaikannya dalam jumpa pers bersama awak media di Ruangan Med

    PADANG.GO.ID -- Camat Padang Utara Editiawarman didampingi Sekcamnya Nasdwiyelli memaparkan informasi seputar program, layanan dan inovasi yang telah dilakukan di Kecamatan Padang Utara sejauh ini. Hal ini disampaikannya dalam jumpa pers bersama awak media di Ruangan Media Center Pemko Padang, Rabu (10/1/2017).

    Editiawarman menjelaskan, Kecamatan Padang Utara termasuk kecamatan yang berada di pusat perkotaan, memiliki 7 kelurahan dengan jumlah 272 RT dan 70 RW. Sementara untuk jumlah penduduk lebih kurang 70 ribu jiwa yang terdaftar di kartu keluarga (KK) online, belum lagi penduduk musiman yang juga cukup banyak umumnya berdomisili di lingkungan perguruan tinggi dan sekolah.

    "Mungkin untuk visi dan misi setiap kecamatan itu mungkin sama atau mirip-mirip satu sama lainnya. Namun fokusnya tetap kepada pelayanan masyarakat," sebutnya.

    Dari visi dan misi tersebut kata Edi, terdapat kegiatan yang hampir sama di setiap kecamatan. Diantaranya mulai pembangunan infrasturktur, manunggal dan fasilitas lingkungan (fasling) yang berbasis partisipatif dengan dukungan dana stimulan dari pemerintah.

    "Namun yang menggembirakan bagi kita di Padang Utara adalah, dari dana yang disediakan oleh pemerintah seperti manunggal dan fasling bisa dilipatgandakan hasilnya. Dan ini berkat kerjasama dan partisipasi yang tinggi dari masyarakat," cetusnya mengapresiasi.

    Terkait beberapa inovasi yang dilakukan di Kecamatan Padang Utara, Edi menyebutkan, diantaranya seperti mulai akhir 2016 lalu telah melaksanakan mekanisme pengaduan langsung dari masyarakat.

    "Jadi, kami membuka diri terkait apa saja bentuk pengaduan dan laporan masyarakat akan diterima selagi di bawah koridor atau kewenangan lurah dan camat. Dengan hari itu langsung ditindaklanjuti. Alhamdulillah, sudah masuk beberapa pengaduan apakah berkaitan pelayanan dan hal lainnya. Baik melalui SMS, telfon langsung ataupun di media sosial," ungkapnya.

    Selain itu tambahnya lagi, pihaknya juga bekerjasama dengan elemen terkait demi senantiasa menjaga ketertiban dan ketentraman kehidupan masyarakat. Termasuk penertiban rumah kos agar tidak menyalahi aturan, mengatasi kemacetan dan hal-hal yang tak diinginkan lainnya. Lebih dari itu, inovasi lainnya juga dilakukan di tiap-tiap kelurahan.

    Misalnya, di Kelurahan Ulak Karang Selatan yang tengah menggagas pembuatan Kampung Nelayan dan Warna-warni. Kemudian dari 7 kelurahan terdapat 3 kelurahan yang sudah punya model pelayanan menyerupai Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).

    "Ini telah dimulai oleh Kelurahan Lolong Belanti, diikuti Ulak Karang Selatan dan terlebih Gunung Pangilun yang menerapkan Pelayanan Administrasi Terpadu Kelurahan atau disebut PATUH menyerupai PATEN. Sehingga dengan itu, warga Gunungpangilun sudah bisa mengurus administrasi secara mudah lewat aplikasi yang dikawinkan dengan PATEN Padang Utara," imbuhnya sembari membeberkan berbagai inovasi dan capaian lainnya.

    Maka itu lanjutnya, atas nama Pemerintah Kecamatan Padang Utara mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-setingginya atas kinerja seluruh lurah, ASN dan jajarannya. Terlebih dukungan semua elemen masyarakat serta stakeholder terkait dalam memajukan Padang Utara.

    "Terima kasih kepada kita semua. Semoga kekompakan dan sinergi ini akan lebih meningkat lagi ke depan," imbuhnya mengakhiri. (David / Ady)

    Admin :
    David Septian