Di Kota Padang Tahun 2018 Ada Gelar 15 Event Pariwisata

  • 11 Maret 2018
  • Wan Rais
  • 287 Kali Dilihat
  • Di Kota Padang Tahun 2018 Ada Gelar 15 Event Pariwisata

    Padang,—Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan menggelar 15 event pariwisata selama tahun 2018. Total anggaran yang digunakan untuk kegiatan tersebut sekitar  Rp2,1 miliar.“Tahun lalu kami hanya menyelenggaran 10 event. Anggaran pun naik dibanding tahun 2017 yang hanya Rp1,8 miliar,”kata Kepala Dinas Pariwasata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi, Jumat (9/3).

    Dikatakan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Medi Iswandi, Pemerintah Kota Padang setiap tahunnya berusaha untuk memperbanyak event pariwisata. Dan  target kedepan, minimal dalam satu bulan ada dua event pariwisata yang digelar.Tujuannya, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) ke Kota Padang.

    Pemerintah Kota Padang menargetkan kunjungan wisman selama tahun 2018 bisa mencapai 60 ribu wisatawan. Sementara wisnus ditargetkan sebanyak  3,6 juta orang. "Tahun 2017 lalu, dari 10 event pariwisata yang kami laksanakan, kunjungan wisman mencapai 51 ribu dan wisnus 3,4 juta wisatawan," ungkap Medi.

    Tahun 2018 dari 15 event pariwisata, ada 5 yang baru, diantaranya lomba menggambar bangunan heritage pada November nanti. Hal ini  untuk melestarikan bangunan bersejarah di kawasan Pondok Padang. Sehingga nanti gambar yang diwarnai dan dihias itu akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke kota tua Padang. “Ada Siti Nurbaya Adventure, Randai Festival, PiomFest, Ramadhan Ekspo, dan Lebaran Idul Fitri Ekspo,”sebutnya.

    Kemudian kata Medi, untuk festival Selaju Sampan tahun ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni akan dilaksanakan di Muara Batang Arau  melintasi jembatan Siti Nurbaya Juli mendatang. Perlombaan sampan tradisional pesertanya berasal dari komunitas-komunitas masyarakat tradisional disekitar pesisir pantai Sumatera Barat. “Kami berharap target kunjungan wisatawan dapat dicapai dengan semua event pariwisata yang digelar,” harapnya.# mcpadang/Wina.

     

    Admin :
    Wan Rais