Kota Padang Belum Punya Mobil Tangga Pemadam Kebakaran

  • 11 Maret 2018
  • Wan Rais
  • 137 Kali Dilihat
  • Kota Padang Belum Punya Mobil Tangga Pemadam Kebakaran

    Mobil Tangga yang belum dimiliki Pemko Padang#Irwan Rais

    Padang,--Kondisi pembangunan di Kota Padang saat ini sudah banyak berdiri  bangunan bertingkat, seperi gedung perhotelan, Mall, Rumah sakit, dan lain sebagainya. Tentu tak tertutup kemungkinan bahwa potensi kebakaran pada bangunan bertingkat tersebut juga besar. Tapi untuk memperkecil resiko musibah kebakaran itu hingga saat ini Pemko Padang belum memiliki  mobil pemadam kebakaran yang dilrngkapi tangga.

    “Kita belum punya armada untuk memadamkan kebakaran pada bangunan yang lebih dari empat tingkat,”ucap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang Hendrizal Azhar, Jumat (9/3). Tujuan mobil kebakaran yang dilengkapi dengan tangga tersebut untuk mencapai  dan berupoaya pemadaman api, jika terjadi kebakaran dari lantai atasnya pada gedung bertingkat.

    Selain itu, dikatakan Hendrizal, bangunan tinggi yang lebih empat lantai seperti bangunan hotel, plaza, mal dan rumah sakit.

    Disebutkannya, kasus kebakaran yang terjadi di bangunan tinggi merupakan kasus yang kompleks terutama untuk evakuasi penghuni bangunan dari ketinggian.

    Maka keberadaan sistem proteksi kebakaran pada bangunan tentu tidak sepenuhnya dapat menjamin keselamatan penghuninya, jika kasus kebakaran terjadi, sehingga dibutuhkan  pula sarana evakuasi yang berasal dari luar seperti Mobil Tangga Pemadam Kebakaran.

    Jadi, kondisi eksisting pada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang sampai dengan tahun anggaran 2018 belum dapat melakukan pengadaan mobil tangga kebakaran yang dapat membantu evakuasi/penyelamatan korban jika terjadi  kebakaran  pada bangunan tinggi tersebut.

    “Sudah selayaknyalah Dinas Pemadam Kebakaran didukung dengan minimal 1 unit Mobil Tangga (Fire Ladder Truck) dengan kapasitas tinggi jangkauan lebih kurang 47 meter (untuk bangunan tinggi sampai dengan 12 lantai. Kami berharap bisa mendapatkan bantuan mobil tangga tersebut, misalnya melalui dana pokir anggota DPRD Kota Padang.# mcpadang/Wina.

     

     

    Admin :
    Wan Rais