KPU Padang Ajak Masyarakat Jadi Pemilih Rasional

  • 10 April 2018
  • Wan Rais
  • 276 Kali Dilihat
  • KPU Padang Ajak Masyarakat Jadi Pemilih Rasional

    Padang,- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, M. Sawati mengajak masyarakat  untuk menjadi pemilih yang rasional pada Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) 2018. " Soanya terdapat tiga tipe pemilih yaitu pemilih berdasarkan faktor psikologis, sosiologis dan rasional," sebut Ketua KPU Kota Padang, M. Sawati Selasa (10/4).

              Jadi,  tipe pemilih berdasarkan faktor psikologis adalah pilihan berdasarkan kedekatan dengan pasangan calon, memiliki hubungan kekerabatan dan lain sebagainya yang mengindikasikan adanya hubungan secara personal dengan calon.

              Berdasarkan faktor sosiologis, jelasnya pilihan didasarkan pada kesamaan tempat atau lokasi asal, misalnya merasa dekat karena berasal dari daerah yang sama, sehingga dirasa perlu untuk menentukan pilihan pada calon tersebut.

              Sedangkan, secara rasional merupakan penentuan pilihan berdasarkan rekam jejak yang dilalui calon tersebut maupun visi dan misinya, sehingga pemilihan memang benar-benar berdasarkan kemampuan dan kualitas dari calon itu.

              Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun sebelumnya, ujarnya, pemilih di Kota Padang masih banyak memilih berdasarkan faktor psikologis dimana lebih dari 50 persen merupakan pemilih berdasarkan faktor psikologis. "Sedangkan untuk rasional hanya berkisar 15 persen," ujarnya.

              Sehingga, diharapkan para pemilih dapat memilih calon dengan rasional, agar calon yang terpilih adalah yang benar-benar memiliki kemampuan dan berkualitas. Pelaksanaan Pilkada serentak 2018 akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018.

              Kota Padang merupakan salah satu daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak 2018 di Sumbar. Daerah lainnya adalah Kota Sawahlunto, Pariaman dan Padang Panjang.(McPadang/Tara/Irwandi Rais)

    Admin :
    Wan Rais