Melalui MTQ Kec Kuranji Bisa Lahirkan Generasi Muda Islami

  • 11 Maret 2018
  • Wan Rais
  • 82 Kali Dilihat
  • Padang,-Di Kota Padang perlombaan pembacaan ayat suci Alqur’an telah menjadi agenda rutin, yang digelar satu kali dalam 2 tahun. Kini Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 digelar tingkat Kecamatan Kuranji mengangkat tema “Adat Basandi Syarak-Syarak Nasandi Kitabullah (ABS-SBK), Jumat siang  (9/3).

     Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Kecamatan Kuranji disemarakkan utusan peserta pawai dari 9 kelurahan yang dipusatkan di Masjid Annur, Sungai Sapih dibuka Walikota Padang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Dian Fakri.

    Menurutnya, hal ini cerminan kehidupan masyarakat yang masih menjaga budaya serta sarat dengan nilai agama terdapat di Kuranji. Dan cerminan aplikasi nilai-nilai ABS-SBK yang masih lestari di Nagari Pauh IX, Kuranji. "Tema MTQ yang diambil sejalan dengan nuansa kehidupan masyarakat yang masih memegang adat dan budaya serta mempedomani tuntunan agama," kata Dian.

    Maka  berharap, MTQ dapat melahirkan generasi muda Islam yang memahami kandungan dari kalimat Allah Swt, serta bisa  diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Begitupun nilai-nilai ABS-SBK sebagai filosofi hidup orang Minangkabau yang dijiwainya.

    "Kita berharap generasi Islam lebih memahami agama dan kitab sucinya, begitu juga nilai ABS–SBK dalam kehidupan bermasyarakat," sebutnya.

    Sementara itu Camat Kuranji Rachmadeny Dewi Putri mengatakan, tema ABS-SBK sesuai dengan kehidupan masyarakat Kuranji. Sehingga dalam hal ini melibatkan seluruh unsur, terutama para ninik mamak dan pemangku adat.

    Ia berharap, dari ajang MTQ kecamatan ini akan lahir qori-qori terbaik yang akan menjadi wakil untuk tingkat Kota Padang  November mendatang. Sebab, pada MTQ tingkat kota nanti Kuranji bertekad meraih juara umum.#mcpadang/Irwandi Rais

     

     

     

    Admin :
    Wan Rais