Peringati Isra’ Mi’raj, Pemko Padang Maknai Sebagai Percepatan Kemajuan

  • 11 April 2018
  • David Septian
  • 268 Kali Dilihat
  • Peringati Isra’ Mi’raj, Pemko Padang Maknai Sebagai Percepatan Kemajuan

    Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, Prof. Dr. H. Duski Samad, M.Ag bertindak sebagai penceramah dalam peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW tahun 1439 H/2018 masehi di Masjid Agung Nurul Iman, Jumat (6/4) pagi.

    PADANG.Go.ID -- Pemerintah Kota Padang menggelar peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW tahun 1439 H/2018 masehi di Masjid Agung Nurul Iman, Jumat (6/4) pagi. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, Prof. Dr. H. Duski Samad, M.Ag bertindak sebagai penceramah dalam peringatan hari bersejarah bagi umat Islam itu. Hadir dalam kesempatan itu Sekda Kota Padang, Asnel beserta para pimpinan OPD dan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Padang disertai Unsur Forkopimda.

    Dalam ceramahnya, Prof Duski Samad pun menyampaikan makna penting dari Isra' Mi'raj. Ia menyampaikan agar peringatan Isra’ Mi’raj jangan dimaknai sebatas normatif, namun bagaimana menjadikannya momentum percepatan kemajuan bagi kehidupan ke depan.

    “Untuk itu kita harus memaknai peristiwa Isra’ Mi’raj dengan sungguh-sungguh. Karena Isra Mi’raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam.” terangnya.

    Ia melanjutkan, ada beberapa hal yang hendak dilakukan dalam memaknai peristiwa Ira’ Mi’raj yang jatuh pada 14 April nanti itu. Diantaranya di samping mengerjakan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT juga berupaya untuk berikhtiar, berakhlak mulia dan menjadi hamba Allah yang benar. Selanjutnya memperkokoh kedudukan agama dalam diri, keluarga serta memperkuat basis ukuwah dan syiar Islamiyah di masjid/musala.

    “Semoga kita bisa memahami makna yang tersirat dari peristiwa Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW ini. Yaitunya senantiasa melakukan kewajiban-kewajiban yang telah ditetapkan dan menjauhi apa saja yang dilarang dalam agama. Semoga kita menjadi hamba Allah yang selamat baik di dunia dan akhirat kelak,” imbuh da’i kondang yang juga salah seorang dosen di perguruan tinggi Islam itu.

    Selanjutnya Sekda Kota Padang, Asnel dalam kesempatan itu juga memberikan arahan bagi seluruh ASN di lingkungan Pemko Padang terkait peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Ia pun juga menekankan pentingnya kedisiplinan yang harus ditanamkan dalam diri seorang ASN.

    “Tanpa disiplin kita tentu mustahil dapat melakukan aktifitas apa saja secara baik dan maksimal. Maka itu mari kita tanamkan jiwa disiplin dalam diri, mulai dari bekerja serta aktifitas yang lain yang kita lakukan sehari-hari. Semoga melalui momentum peringatan Isra’ Miraj ini kita semakin lebih baik dan sukses lagi ke depan,” tukasnya.

    Di akhir kegiatan, Sekda Asnel pun menerima penghargaan berupa Sertifikat Piagam Kemanusiaan dari International Al Aqsa Institute (IAI) Yayasan Harapan Amal Mulia kepada Pemko Padang. Penghargaan yang diserahkan oleh Perwakilan IAI Sumbar Ustadz Muhammad ini terkait komitmen dan donasi yang telah ditunjukkan Pemko setempat bagi Kemerdekaan Muslim di Palestina dan Masjid Al Aqsa.(David)

    Admin :
    David Septian