Tinta Kosong, Pencetakan e-KTP Dimulai Pertengahan April 2018

  • 14 Maret 2018
  • Wan Rais
  • 125 Kali Dilihat
  • Tinta Kosong, Pencetakan e-KTP Dimulai Pertengahan April 2018

     Padang-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang saat ini belum bisa melakukan pencetakan Katu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) untuk  warga. Hal ini dikarenakan, tidak tersedianya tinta yang digunakan untuk pencetakan e-KTP.

    “Tinta  harus dibeli melalui e- katalog lembaga kebijakan pengadaan barang/ jasa pemerintah (LKPP). Tidak bisa sembarangan,”ujar Kepala Disdukcapil Kota Padang Wedistar, Rabu (14/3).

    Dijelaskan Wedistar, tinta tersebut baru bisa dibeli awal April saat e-katalaog sudah dibuka. Dari proses pembelian di e-katalog membutuhkan waktu sekitar 15 hari untuk sampai di Kota Padang. Jadi diperkirakan pertengahan April pencetakan e-KTP baru  bisa dilakukan.

    Sementara itu, untuk ketersediaan blangko e-KTP, kata Wedistar saat ini tersedia sekitar 28 ribu keping. Nanti, setelah tinta tersedia, pihak Disdukcapil akan mengupayakan pencetakan e-KTP sebanyak 2.000 ribu perharinya. “Untuk mempercepat pencetakan kita usahakan satu printer bisa mencetak seribu e-KTP. Biasanya hanya bisa 500 e-KTP perhari,”sebut Wedistar.

    Menurutnya, masyarakat yang ingin mengurus e-KTP tidak perlu khawatir karena tidak tersedianya tinta. Sebab, pemohonan nantinya akan diberikan surat keterangan (suket) pengganti e-KTP. Yang fungsinya sama dengan e-KTP. Suket ini bisa selesai dalam satu hari, berlaku hingga enam bulan. “Jika ada yang menolak suket itu sebagai ganti e-KTP silahkan laporkan ke ombudsman, karena itu pelanggaran,” tegasnya.# mcPadang/wina.

     

     

    Admin :
    Wan Rais