Home / Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9 Tahun 2022, Wali Kota Padang : Mari Makan Ikan Untuk Mengurangi Angka Stunting di Kota Padang

Berita & Artikel - Berita 2022

Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9 Tahun 2022, Wali Kota Padang : Mari Makan Ikan Untuk Mengurangi Angka Stunting di Kota Padang

Padang - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kota Padang bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9 tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 21 November, menjadi momentum mengingatkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan berprotein tinggi dan menyehatkan.

"Dengan peringatan Harkannas ke-9 tahun 2022 ini, kita terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan dan menjadikan ikan sebagai makanan favorit sehari - hari, guna mencetak generasi unggul berkualitas sebagai calon penerus bangsa dan juga untuk menurunkan angka stunting di Kota Padang. Terlebih di Kota Padang banyak laut, sumber daya ikan dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional," ujar Hendri Septa Wali Kota Padang di sela - sela sambutannya di Halaman Lurah Batang Harau di bawah Jembatan Siti Nurbaya, Rabu (23/11/2022).

Di Kota Padang yang mengkonsumsi ikan sebanyak 43 Kg per tahun, ikan ini penuh dengan banyaknya vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia terutama omega3 dan omega6. Yang paling banyak omeganya adalah ikan laut. 

"Konsumsi ikan harus kita berdayakan dari waktu ke waktu, karena manfaatnya sangat luar biasa. Ikan yang kita makan ini manfaatnya tentu sudah banyak namun kalau anak - anak kita bosan memakan ikan, bisa kita olah menjadi makanan yang menarik seperti kue, bakso, pempek dan yang lainnya," lanjutnya.

Sementara itu Gus Wardi, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang menyampaikan, tujuan peringatan Harkannas ini adalah bagaimana kita supaya masyarakat Kota Padang untuk gemar makan ikan. 

"Target untuk gemar makan ikan untuk tahun depan dapat kita tingkatkan lagi kepada masyarakat yang ada di Kota Padang, karena makan ikan dapat membuat kita sehat, kuat dan mencerdaskan dan juga dapat mengatasi stunting di Kota Padang," ujar Gus Wardi Kadis Kelautan dan Perikanan.

Sedangkan Dr. Desniarti, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat menyebutkan, bahwa ikan adalah sumber pangan yang bergizi tinggi yang kita harapkan dapat menciptakan generasi unggul dan cerdas. Sesuai dengan Tema kita tahun ini "Ikan Menyehatkan dan Mencerdaskan untuk Generasi Unggul".

"Kami berupaya meningkatkan konsumsi ikan masyarakat di Provinsi Sumatera Barat. Kami mencatat untuk yang mengkonsumsi ikan di Sumatera Barat masih rendah yaitu 41Kg, maka kita berupaya bagaimana untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan di Provinsi Sumatera Barat ini melakukan gerakan - gerakan gemar makan ikan dan sosialisasi ke daerah - daerah terutama daerah yang banyak angka stunting," ujarnya.

Acara ini dihadiri oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Dinas Pariwisata Kota Padang, Dinas Perdagangan Kota Padang, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang, Camat se- Kota Padang, Lurah Batang Harau, TP-PKK Kecamatan, Forikan Kota Padang beserta Anak - anak SDN 29 Pebayan Penggalangan. (Diskominfo/Havis A)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0