Home / Kecamatan Padang Barat Raih Predikat Terbaik Penilaian KB Kes.

Berita & Artikel - Berita 2020

Kecamatan Padang Barat Raih Predikat Terbaik Penilaian KB Kes.

Padang- Kecamatan Padang Barat berhasil meraih predikat sebagai terbaik dalam penilaian kegiatan PKK Bangga Kencana Kesehatan tingkat Kota Padang.

Kecamatan Padang Barat yang diwakili Kelurahan Purus berhak menjadi yang terbaik berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh tim juri dari t 16 - 17 November 2020.

Lurah Purus Fajri Rahmad Ersya, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/11/2020) mengatakan, ini sebagai motivasi tambahan bagi pihak kelurahan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjalankan pola hidup sehat.

Menurut Fajri selama ini Kelurahan Purus berkolaborasi dengan Puskesmas Padang Pasir terus melakukan upaya dan inovasi, salah satunya dengan mendirikan Kampung KB .

"Di Kampung KB semua kegiatan dan program pemerintah dapat masuk dan terintegrasi. Kita telah membuat inovasi Binakawanko (Pembinaan Kawasan Berisiko), guna merubah perilaku masyarakat dalam menerapkan pola hidup sehat," terang Fajri.

Salah satu masalah di Kelurahan yang berada di pinggir pantai ini menurut Fajri adalah kurang tersedianya fasilitas jamban sehat di rumah warga.Namun dengan upaya dan koordinasi dari berbagai pihak.

Kelurahan Purus sudah mendapat bantuan 165 fasilitas jamban sehat ditambah dengan 113 Bionet Septic Tank.

Kelurahan Purus juga sudah memiliki Posyandu yang terintegrasi dengan PAUD. Selain itu anak-anak dan remaja juga mendapat pelatihan keseniam seperti menari dan seni teatre melalui rumah kreatifitss Tanah Ombak.

"Untuk di bidang kesehatan reproduksi, kita juga sudah melaksanakan Iva test kepada ibu-ibu guna mencegah terkena kanker serviks. Untuk pelaksanaan Iva tes, kita berhasil meraih peringkat ke dua nasional pada tahun kemaren," imbuhnya.

Baru-baru in Kelurahan Purus juga mencanangkan diri sebagai Kelurahan Siaga Jiwa, dalam menekan dan mengurangi serta melakukan pembinaan terhada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) (Mcpadang/RA/Irwan Rais)

 15 Kali

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0