Home / Melalui Germas, Puskesmas Seberang Padang Optimalkan Peran Masyarakat .

Berita & Artikel - Berita 2020

Melalui Germas, Puskesmas Seberang Padang Optimalkan Peran Masyarakat .

Melalui Germas, Puskesmas Seberang Padang Optimalkan Peran Masyarakat .

Padang --Masyarakat diminta untuk berperan aktif dan menjadi garda terdepan dalam melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, karena lingkungan yang sehat dimulai dari kebiasaan dan pola hidup. Demikian disampaikan Kepala Puskesmas Seberang Padang Desi Susanti pada kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) lintas sektor di Padang, Kamis (04/02/2021).

Untuk itu menurut Desi, melalui Germas (Gerakan Masyarakat Sehat), diharapkan mampu mengoptimalkan peran tokoh masyarakat dalam mendukung upaya Puskesmas mengedukasi dan membiasakan masyarakat untuk pola hidup sehat."Di masa pandemi Covid 19, guna mencapai target Standar Pelayanan Minimal (SPM), kita memaksimalkan peran kader kesehatan maupun kader Posyandu, untuk memantau masyarakat," ujar Desi.

Untuk itu ia meminta dukungan lintas sektor dalam upaya mencapai SPM. Menurut Desi, untuk mencapai hal tersebut perlu ada satu kelurahan yang menjadi kelurahan sehat serta posyandu mandiri. "Sesuai target dari Kementrian Kesehatan RI, satu kelurahan satu Posyandu mandiri," imbuhnya.

Sekretaris Kecamatan Padang Selatan Maspeg yang membuka Lokmin Lintas Sektor berharap dengan kegiatan ini tergalang kerjasama tim lintas program dan lintas sektor."Melalui kegiatan ini dapat terpantau hasil kerja Puskesmas serta terindentifikasi masalah maupun kendala, sehingga dapat bersama kita cari penyebab dan solusinya," ujar Sekcam.

Selain itu menurut Maspeg, kegiatan ini juga untuk menyusun rencana kerja untuk periode selanjutnya. Keberhasilan pembangunan kesehatan di Kecamatan Padang Selatan salah satunya adalah berkat terjalinnya kerjasama lintas sektor. (MC Padang/RA/Irwan Rais).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0