Home / Mengatasi Banjir di Kota Padang, Pemko Padang bersama BWSS V Padang Lakukan Pengerukan Sungai Batang Arau arah Hilir

Berita & Artikel - Berita 2022

Mengatasi Banjir di Kota Padang, Pemko Padang bersama BWSS V Padang Lakukan Pengerukan Sungai Batang Arau arah Hilir

Padang - Untuk kelancaran arus Sungai Batang Arau, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Padang melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang (BWSS V Padang) kembali melakukan pengerukan di Sungai Batang Arau arah Hilir, Rabu (23/11/2022).

Wali Kota Padang Hendri Septa menyebutkan, melalui Satuan Kerja Operasional dan Pemeliharaan, BWSS V Padang melakukan pengerukan sedimentasi dengan 2 unit Alat Berat yang di turunkan, dan untuk mengantisipasi agar air tidak meluap ke permukiman warga karena curah hujan yang sangat ekstrim.

"Dangkalnya kedalaman sungai disebabkan karena adanya proses pengendapan yang dibawa oleh aliran sungai, jadi untuk itu dilakukan pemeliharaan sungai, seperti pengerukan bagian dasar sungai yang harus selalu dilakukan setiap tahunnya, hal tersebut dilakukan untuk terus menjaga kedalaman sungai dan mencegah terjadinya banjir," ucap Wako Padang.

Pengerukan sedimen adalah salah satu cara upaya pemeliharaan berkala, seperti yang baru saja yang dilakukan BWSS V Padang terhadap aliran Hilir Sungai Batang Arau ini, lanjutnya.

"Ini juga merupakan untuk meningkatkan kembali gairahnya pariwisata di Kawasan Sungai Batang Arau, yang akan dilaksanakan pada tahun 2023. Kita mulai dengan kegiatan selaju sampan dan juga kegiatan festival lainnya di kawasan Batang Arau ini," ucap Wako Padang.

BWSS V meminta untuk kita bisa berkoordinasi dengan masyarakat, jangan sampai ada yang mengeluh dan yang lainnya. Kita tetap selalu berkoordinasi dengan masyarakat, Alhamdulillah masyarakat mendukung pengerukan pembersihan dasar Sungai Batang Harau ini.

Sedangkan Dr. Dian Kamila Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang menyebutkan, pengerukan ini akan berlangsung untuk beberapa hari kedepan. Ini merupakan pekerjaan rutin kami setiap tahunnya, tergantung lokasi sedimentasi yang tinggi, maka lokasi itu yang akan kami lakukan pengerukan terlebih dahulu.

"Supaya Sungai Batang Harau ini bersih dan tidak menimbulkan masalah, mari kita jaga dan jangan buang sampah sembarangan, kalau enak dipandang pasti banyak mendatangkan wisatawan," ucap Dian Kamila. 

Dalam kegiatan ini turut hadir mendampingi Wali Kota Padang diantaranya Asisten 1 Edi Hasymi, Kadis PUPR Tri Hadiyanto, Kadis Perikanan dan Pangan Gus Wardi, Kadis Pemadam Kebakaran Budi Payan dan Kabid Informasi dan Komunikasi Diskominfo Rina Endaharti. (Diskominfo/Havis A)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0