Home / Musrenbang RKPD 2022, Rumuskan Program Kegiatan Partisipatif dan Selaras Pembangunan Nasional

Berita & Artikel - Berita 2020

Musrenbang RKPD 2022, Rumuskan Program Kegiatan Partisipatif dan Selaras Pembangunan Nasional

PADANG - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Padang Tahun 2022 adalah bagian dari proses sistem perencanaan pembangunan yang dilaksanakan setelah Musrenbang RKPD tingkat kecamatan dalam rangka mewujudkan sinkronisasi dan harmonisasi perencanaan pembangunan daerah.

Demikian dikatakan Plt Wali Kota Padang Hendri Septa ketika membuka secara resmi Musrenbang RKPD Kota Padang Tahun 2022 di Hotel Grand Zuri Padang, Rabu (31/3/2021).

"Sejalan dengan amanah UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan nasional dan provinsi Sumatera Barat. Yakni dengan menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, politis, atas bawah (top down) dan bawah atas (bottom up)," jelas Hendri.

"Musrenbang ini digelar untuk menyempurnakan penyusunan RKPD 2022 yang telah dibahas pada Forum Perangkat Daerah beberapa waktu lalu. Tema yang diangkat kali ini yaitu Pemulihan Ekonomi Daerah Melalui Optimalisasi Sumber Daya Lokal dan Pengembangan Potensi Wisata," jelasnya lagi.

"Melalui pelaksanaan Musrenbang RKPD kota Padang 2022, diharapkan dapat dirumuskan program kegiatan yang partisipatif dan selaras dengan prioritas pembangunan nasional dan provinsi sesuai dengan amanah Undang-undang," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Padang Medi Iswandi menuturkan, kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini memaksa kita untuk mengubah cara atau metode, sehingga proses penghimpunan masukan dan aspirasi masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik.

"Tujuan dari Musrenbang RKPD ini adalah untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah serta prioritas pembangunan daerah, menerima masukan dari seluruh utusan kecamatan dan stakeholder dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD untuk tahun 2022 menjadi rancangan akhir RKPD Kota Padang 2022," ujarnya.

Turut hadir pada kesempatan itu Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani, Sekda Kota Padang Amasrul, para pimpinan OPD Kota Padang, Camat se-Kota Padang dan pihak terkait lainnya. (Zal/BT/Prokompim Pdg)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0