Home / Puskesmas Padang Pasir Lakukan Penyegaran Kader Posyandu.

Berita & Artikel - Berita 2020

Puskesmas Padang Pasir Lakukan Penyegaran Kader Posyandu.

Padang,  - Puskemas Padang Pasir  gelar penyegaran 250 orang  kader Posyandu   di Taman Cimpago, Rabu (18/11/2020).Ke 260 orang kader tersebut berasal dari 10 kelurahan  di  lingkungan Kecamatan Padang Barat.

Kepala Puskesmas Padang Pasir Winanda menjelaskan, pelaksanaan penyegaran kader Posyandu tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Guna menghindari kerumunan, maka peserta akan kita bagi waktu kegiatannya. Setiap hari ada dua sesi, tiap sesi diikuti oleh kader dari satu atau dua kelurahan tergantung jumlah kadernya.

"Kelurahan yang kadernya sedikit akan kita gabungkan. Untuk itu kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari," terang Winanda.

Penyegaran kader Posyandu ini menurut Winanda sangat penting dilakukan untuk penguatan dan transfer ilmu baru, selain itu merupakan sebagai ajang refreshing bagi para kader yang telah bekerja keras selama ini sebagai ujung tombak dalam upaya kesehatan ibu dan anak.

Selain itu yang paling penting adalah bagaimana agar kader tetap dapat memberikan pelayanan kesehatan di masa pandemi Covid 19.

Menurut Winanda, pelayanan Posyandu di wilayahnya selama masa pandemi Covid 19 tetap dilaksanakan, tentunya dengan standar protokol kesehatan yang ketat.

"Setiap kader melakukan pelayanan dengan sistem door to door dan menggunakan APD, kalaupun harus melakukan pengumpulan massa tidak lebih dari 10 orang," tambahnya.

Kader Posyandu berperan memastikan masyarakat, khususnya ibu hamil dan balita tetap mendapatkan pelayanan seperti imunisasi, KIA, penimbangan dan pencatatan penimbangan balita, gizi maupun KB.

Kader Posyandu merupakan ujung tombak Puskesmas dalam menekan angka kematian ibu dan bayi serta upaya pencegahan gizi buruk (stunting).

Untuk itu penyegaran ini sangar penting agar para kader dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tata layanan di era pandemi Covid 19.

"Sehingga selain memberikan pelayanan kesehatan juga melindungi kader dari resiko terpapar Covid 19," katanya. (MC Padang/RA/Irwan Rais).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0