Home / Puskesmas Seberang Padang Punya  Rumah Tunggu Kelahiran.

Berita & Artikel - Berita 2021

Puskesmas Seberang Padang Punya  Rumah Tunggu Kelahiran.

Puskesmas Seberang Padang Punya  Rumah Tunggu Kelahiran.

Padang -Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Padang Defitra Wiguna meresmikan penggunaan  Rumah Tunggu Kelahiran Kota Padang di Kelurahan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Rabu (07/04/2021).

Sejalan dengan itu, Kabid Defitra Wiguna mengatakan, keberadaan Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) adalah salah satu upaya Pemko Padang melalui Dinas Kesehatan dalam rangka menjaga dan memberi pelayanan secara maksimal kepada ibu hamil guna menekan angka kematian ibu dan bayi di Kota Padang.

"Program Rumah Tunggu Kehamilan merupakan program pemerintah pusat melalui Program Jaminan Persalinan (Jampersal), untuk Kota Padang dikelola oleh Puskesmas Seberang Padang," ujar Dafit

Sedangkan Kepala Puskesmas Seberang Padang dr Desi Susanti mengatakan, upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB),  termasuk dalam program prioritas nasional di bidang kesehatan.Salah satu upaya mencapai program tersebut menurut Desi dengan memaksimalkan fungsi Rumah Tunggu Kelahiran.

Ia menerangkan, Rumah Tunggu Kelahiran disediakan untuk para ibu yang akan melahirkan, namun berdomisili jauh dari Puskesmas."Ibu yang akan melahirkan dapat tinggal di Rumah ini dua hari sebelum melahirkan, hingga tiga hari setelah melahirkan, sehingga kita dapat secara rutin memeriksa keadaan pasien. Juga sewaktu-waktu akan melahirkan pasien dengan mudah dan cepat dibawa ke Puskesmas," terangnya.

Ia juga menambahkan jika si ibu memiliki penyakit yang membuatnya harus dirujuk ke rumah sakit, maka petugas Puskesmas akan membantu mengurus rujukannya.

Selain itu lanjut Desi, pasien dan satu orang pendamping selama berada di Rumah Tunggu Kelahiran akan mendapatkan makan tiga kali sehari serta makanan ringan (Snack)."Khusus untuk pasien yang memiliki kartu Jampersal juga akan mendapatkan uang transpor," imbuhnya.

Keberadaan Rumah Tunggu Kelahiran sekitar 200 meter dari Puskesmas Seberang Padang, bisa di gunakan maksimal tiga orang pasien dan terbuka untuk semua warga Kota Padang.

Peresmian Rumah Tunggu Kelahiran ini juga dihadiri oleh tiga kepala Puskesmas di Padang Selatan, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Feni serta Lurah di Kecamatan Padang Selatan. (MC Padang/RA/Irwan Rais).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0