Home / Terangkan Tradisi Budaya Lokal, Media Tradisional siap jadi Wadah Penyebaran Informasi

Berita & Artikel - Berita 2022

Terangkan Tradisi Budaya Lokal, Media Tradisional siap jadi Wadah Penyebaran Informasi

Bukittinggi, - Diskominfotik Sumbar menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi media tradisional (metra), seluruh Kab/Kota se-Sumatera Barat. Pemko Padang melalui Dinas Kominfo persiapkan metra sebagai wadah penyebar informasi, dengan demikian hal tersebut akan mempertahankan bentuk budaya lokal.

Hal tersebut disampaikan oleh Al Amin Plt Diskominfo Kota Padang di sela - sela diskusinya saat berlangsungnya kegiatan yang di gelar Diskominfotik Sumatera Barat di Bukittinggi, Senin (28/11/22).

Hampir punahnya suatu tradisi yang ada di Sumatera Barat (Minang Kabau), seperti : Randai, Rabab, Saluang, dan tarian lainnya. memberikan dampak kepada pemerintah untuk mempertahankan agar tidak hilangnya budaya yang ada di daerah tersebut.

Al Amin mengatakan bahwa upaya dalam mempertahankan budaya lokal itu sangat baik, hal demikian akan mampu juga memperkenalkan bentuk budaya yang ada di daerah kita.

"Saya sangat setuju dalam menjalankan media tradisional ini pada pemerintahan, tak hanya kesenian saja yang akan terkenal namun daerah kita ini juga akan terkenal juga," Kata Plt Kadis

Beliau menambahkan untuk kelancaran yang diharapkan, lebih baik kita bekerjasama untuk terus melakukan hal itu.

"Kita harus membuat anggaran dengan memprogramkan kegiatan itu, untuk mampu mempertahankan kebudayaan ini," Katanya.

Disisi lain Rizal Tanjung selaku Konsultan Kebudayaan menyampaikan bekerjasama dengan kominfo tentu akan memberikan kemudahan bagi komunitas kebudayaan untuk kembali mempertahankan budaya yang ada di daerah kita ini.

"Dengan bantuan dari kerjasama kominfo dengan rekan - rekan media baik itu online ataupun cetak akan mampu mempertahankan budaya minang kabau ini, dan membuat terpopulernya kebudayaan yang ada di Sumatera Barat ini," Pungkasnya.

Beliau juga menjelaskan kesenian dari anak nagari agar terus berkarya dilakukn oleh adanya suatu wadah seperti adanya tempat serta media yang akan membantu.

Beliau berharap dengan adanya kegiatan yang membuat kita bekerjasama ini bakalan mampu untuk mencapai harapan yang kita inginkan.

(Diskominfo/Ham).

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0