Home / Universitas Bung Hatta bersama Dinas DPMD Sumbar Gelar Workshop Pengelolaan Sampah.

Berita & Artikel - Berita 2022

Universitas Bung Hatta bersama Dinas DPMD Sumbar Gelar Workshop Pengelolaan Sampah.

Universitas Bung Hatta bersama Dinas DPMD Sumbar Gelar Workshop Pengelolaan Sampah.

Padang,--Rektor Universitas Bung Hatta,Padang Sumatera Barat Prof. Dr. Tafdil Husni, MBA. bersama Kepala Dinas DPMD Provinsi Sumatera Barat Amasrul, S.H membuka workshop dan pelatihan pengelolaan sampah bagi Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) dan BUMDes yang dihadiri 90 orang peserta  

Peserta dari kalangan ASN DPMN kabupaten-kota, Wali Nagari, dan Direktur Bank Sampah se-Sumatera Barat.

Pelatihan dan workshop diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pola pengolahaan sampah organik dan anorganik agar tidak dibuang ke TPA, ucap Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, MBA, Rabu (23/11/2022).

Diharapkan dengan sentuhan IPTEK, pengolahan sampah di nagari dan desa dapat menghasilkan nilai lebih bagi produk sehingga mampu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat dan kesejahteraan pelaku UMKM yang berada dibawah binaan Dinas DPMD Sumbar, sebut Tafdil Husni

"Sampah dari waktu ke waktu menjadi masalah besar dan dibuang kemana saja. Sudah saatnya mindset sampah diubah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi. Tentu dengan melakukan reduse, reuse, recycle, dan replace sampah,"kata Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, MBA.

Untuk itu, dibentuk Waste Recycle Center (WRC) di bawah naungan LPPM Universitas Bung Hatta dengan Direktur Suryadimal, M.T., sebagai lembaga edukasi pengelolaan sampah di Universitas Bung Hatta.

Sedangkan Kadis DPMD Sumbar Amasrul, S.H berharap Universitas Bung Hatta sebagai perguruan tinggi yang dapat menjadi mitra/kolaborasi dengan DPMD untuk mendampingi pengelolaan sampah ditengah masyarakat dan juga ditindaklanjuti kerja sama dalam bentuk PKS.

Pelatihan dan workshop pengelolaan sampah dilaksanakan di Hotel Axana dan di kampus Universitas Bung Hatta dengan narasumber internal Dr. Ir. Yusra, M.S., Yeasy Darmayanti, Ph.D., dan Suryadimal, M.T.

Kegiatan ini didukung penuh oleh Yayasan Pendidikan Bung Hatta H. Masri Hasyar, S.H., Ka. Dinas DPMD Provinsi Sumbar Amasrul, S.H., Circular Connect Foundation (CCF) Dr. Arswendi, dan Duta Besar Indonesia untuk Norwegia Prof. Todung Mulya Lubis.(**/Irwan Rais)

Apa perasaan anda terhadap konten ini...?

like

0

dislike

0

angry

0

sad

0