Home / Walikota Padang

Pemerintahan

Walikota Padang

Nama :

H. Mahyeldi Ansyarullah

Tempat/Tgl. Lahir :

25 Desember 1966

H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. gelar Datuk Marajo, lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat, 25 Desember 1966. Lahir sebagai anak tertua dengan 6 orang adik dari pasangan suami istri Mardanis St. Tanameh dan Nurmi. Mahyeldi menjalani masa kecil dan sekolahnya di Gadut, Tilatang Kamang, Agam, sebuah nagari yang berbatasan langsung dengan Kota Bukittinggi.

Hidup dalam kesederhanaan keluarganya, Mahyeldi sudah menjadi pekerja keras semenjak usia dini dengan ikut membantu orangtuanya mencari nafkah disela waktu sekolah dan istirahatnya. Ia pernah menjadi penjual ikan,loper koran hingga menjajakan kue. Namun, meski waktunya cukup banyak tersita membantu ekonomi keluarganya, Mahyeldi selalu berprestasi disekolah.

Mahyeldi rajin dan gemar membaca buku, terutama buku-buku Islam. Bukan cuma dibaca, tapi juga dikoleksi. Disamping itu dia juga juga memiliki bakat menulis. sudah banyak tulisan yang ia buat, bahkan dia pernah dipercaya untuk membuat sebuah majalah.Dan yang paling kentara, mahyeldi sangat menfokuskan perhatinnya pada agama. Rutin menghadiri kegiatan pembinaan keislaman, terpilih sebagai ketua penyelenggaraan hari besar Islam, membentuk kelompok diskusi-diskusi agama dan sebagainya.
Dalam perjalanan hidupnya, Mahyeldi pernah pindah bersama keluarganya ke Dumai dan kemudian kembali ke kampung halaman di Bukittinggi. Ketika duduk dibangku SMA, dia masih tetap membantu ekonomi keluarganya dan juga tetap berprestasi disekolah serta mengembangkan bakat menulisnya.

Selepas SMA, Mahyeldi melanjutkan pendidikannya di Universitas Andalas.Disinilah dia mulai giat menggerakan kegiatan dakwah. Kegiatan yang kemudian mengantarnya bergabung dengan Partai Keadlian Sejahtera dan bahkan kemudian dipercaya menjabat Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKS Sumatra Barat sejak 2002 sampai tahun 2005

Terjun kedunia politik, Mahyeldi ikut menjadi kontestan calon anggota legislatif untuk DPRD Sumatra Barat dengan diusung PKS. Berhasil terpilih dia juga di amanahkan menjabat Wakil Ketua DPRD Sumatra Barat periode 2004–2009.

Karir politik Mahyeldi semakin cemerlang ketika terpilih sebagai Wakil Walikota Padang mendampingi Walikota Padang Fauzi Bahar pada pilkada kota Padang tahun 2009. Dan dilantik pada 18 Februari 2009 untuk periode 2009–2014.Dinilai berhasi, sebagian besar masyarakat kota Padang kemudian memberikan suaranya kepada Mahyeldi pada pilkada berikutnya dimana Mahyeldi berpasangan dengan Emzalmi. Dan dilantik pada tanggal 13 Mei 2014.

Diamanahkan jabatan Walikota Padang, Mahyeldi bertekad memajukan dan meningkatkan Kota Padang di semua bidang. Dia berhasil merubah Kota Padang menjadi lebih tertata. Rapi dan bersih. Pembangunan meningkat dimana-mana. perekonomian Kota Padang kian baik. Pariwisata semakin bergairah setelah objek-objek wisata dibenahi. Kota Padang pun dibanjiri prestasi dan penghargaan.

Masyarakat Kota Padang jelas makin percaya Mahyeldi adalah pilihan yang tepat di Pilkada Serentak tahun 2019. Berpasangan dengan Hendri Septa, Mahyeldi untuk kedua kalinya kembali terpilih menjadi Walikota Padang periode 2019-2024.

 

    Walikota Padang

    H. Mahyeldi Ansyarullah