Padang – Wali Kota Padang Fadly Amran mendorong pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) di daerah tersebut untuk memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan pemasaran produknya.
Menurut dia, pelaku UMKM perlu segera beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar tidak tertinggal.
Hal itu disampaikannya saat membuka kegiatan Coaching Class Produksi Konten Digital untuk UMKM yang digelar Infosumbar di salah satu hotel di Kota Padang, Selasa (15/7/2025). Kegiatan ini juga menjadi bagian dari perayaan HUT ke-15 Infosumbar.
"Saya mengapresiasi inisiatif Infosumbar yang merayakan ulang tahun dengan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM. Ini sejalan dengan program unggulan (Progul) kita, yakni UMKM Naik Kelas. Saat ini, hampir 48 ribu UMKM di Kota Padang sudah mendapat pembinaan dari Dinas Koperasi dan UMKM," ujar Fadly Amran.
Ia juga menekankan pentingnya konsistensi dalam mengelola konten digital dan memanfaatkan media sosial secara maksimal.
"Dengan memanfaatkan media sosial dan terus konsisten tentunya akan meningkatkan kualitas konten. Sekarang semuanya serba digital," ujarnya.
CEO Infosumbar, Vembi Fernando menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 15 pelaku UMKM terpilih dari lebih 200 pendaftar. Mereka mendapatkan pelatihan langsung dari tim Infosumbar terkait produksi konten foto dan video produk.
"UMKM yang terpilih dinilai memiliki potensi besar untuk berkembang dan naik kelas. Kami berharap mereka bisa menjadi contoh bagaimana digitalisasi bisa mengangkat usaha kecil," kata Vembi.
Ia juga menambahkan, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian, sehingga kolaborasi berbagai pihak sangat diperlukan.
"Kolaborasi antara media, pemerintah, dan sektor perbankan menjadi kunci penting dalam mendorong kemajuan UMKM naik kelas," pungkasnya. (Mizwa/Taufik)
Lainnya